Monday 24 October 2016

SHOLAT BERJAMAAH

Suasana Sholat di SPMN 1 Suela

Mengerjakan sholat lima waktu secara berjama'ah merupakan perintah sang maha pencipta melalui firman-Nya dan melalui lisan rasul-Nya. kita semua mengetahui yang kalau perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala berarti hukum sesuatu yang di perintah tersebut adalah fardu ain (wajib). adapun firman allah subhanahu wa ta'ala yang memerintahkan untuk sholat secara berjamaa'h sebagai berikut:
"Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk." (Qs. Al-Baqarah: 43).

Pada firman yang lain Allah subhanahu wa ta'ala yang menciptakan kita, yang membuatkan kita tangan, yang memberikan kedua mata yang indah, yang memberikan oksigen secara gratis mengancam akan menghukum orang yang tidak menyambuat suara muazin (yang tidak mau mengerjakan sholat berjamaah). Allah akan membuat mereka tidak mampu bersujud pada hari kiamat kelak.
Allah berfirman:
"Ingatlah pada hari ketika betis disingkapkan dan mereka diseru untuk bersujud; maka mereka tidak mampu. Pandangan mereka tertunduk ke bawah, diliputi kehinaan. Dan sungguh dahulu, di dunia, mereka telah diseru untuk bersujud pada saat mereka sehat tetapi mereka tidak melakukan. (Qs. Al-Qalam: 42-43)

Dengan demikian jelaslah sholat berjama'ah merupkan perintah dari allah subhanahu wa ta'ala, sehingga tentunya bagi orang yang mencintai Allah tentu akan melaksanakan apa yang di perintahkan-Nya. Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengancam akan mengumpulkan kayu bakar dan mencari rumah kaum muslimin yang tidak ikut sholat berjama'ah untuk di bakar.
"Demi Dzat yang jiwaku yang berada di tangan-Nya, aku benar-benar ingin memerintahkan seseorang untuk mengumpulkan kayu bakar. Kemudian aku memerintahkan untuk mengerjakan shalat, lalu dikumandangkanlah azan, dan selanjutnya aku merintahkan seseorang untuk mengimami orang-orang. Sementara itu, aku berangkat mendatangi orang-orang yang tidak ikut sholat berjam'ah untuk membakar rumah mereka." (HR. Bukhari)

Di samping itu banyak keutamaan bagi kaum muslimin melakukan sholat berjamaah di antaranya: mendapat pahala 27 derajat dari sholat sendiri, terbebas dari sifat nifak dan lain-lain.
"Sahalat berjamaah itu lebih utama dari pada shalat sendirian dengan 27 derajat." (HR. Bukhari dan Muslim).
"Barang siapa mengerjakan shalat secara berjamaah selama empat puluh hari denga ikhlas karena Allah, dan selalu mendapatkan takbir pertama, niscaya ia akan dibebaskan dari dua hal: dari neraka, dan dari kemunafikan. (HR.At-Tirmidzi, dan dihasankan oleh al-Albani)

Dengan demikian betapa penting dan utamanya sholat berjamaah, sehingga SMP Negeri 1 suela memprogramkan shalat berjamaah sehabis pulang sekolah. 

Sekian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment