Saturday 17 September 2016

PRAKARYA


Prakarya merupakan langkah awal sebuah pembelajaran kepada peserta didik di dalam berkarya atau bekerja. Seiring dengan perkembangan zaman, persaingan hidup semakin sulit, kesenjangan sosial meningkat diikuti dengan kriminalitas yang semakin merajalela. segala upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan telah dilakukan namun belum terlihat hasil yang jelas, oleh sebab itu pemerintah menyentuh dunia pendidikan dengan pembelajaran yang mampu meningkatkan kecakapan hidup peserta didik sehingga diharapkan setelah menyelesaikan sekolahnya mereka mampu bersaing di dunia nyata dalam bentuk kreatifitas-kreatifitas untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. sehingga pemerintah
memasukkan prakarya sebagai mata pelajaran formal. Dalam islam berkarya atau bekerja merupakan perintah Allah SWT di dalam firmannya:
"Dan carilah apa yang telah dianugerahkan oleh Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi". (QS. Al-Qasas, 28:77)

Dalam mata pelajaran prakarya ada empat poin yang ditekankan kepada peserta didik di antaranya:
1. Kerajinan
2. Rekayasa
3. Budidaya
4. Pengolahan
Sesuai dengan gambar di atas materi yang sedang diajarkan adalah teknik pengolahan buah segar menjadi makanan atau minuman segar, dalam hal ini siswa sedang membuat es teler. Adapun cara membuat es teler insyaallah akan di bahasa dalam edisi berikutnya. sekian semoga bermanfaat.

    

No comments:

Post a Comment