Sunday 11 September 2016

GOTONG ROYONG

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya selalu membutuhkan orang lain, baik itu dalam urusan pekerjaan atau urusan lainnya. oleh sebab itu tolong-menolong dalam hal ini gotong royong sangat berperan penting dalam menyelasikan tugas atau pekerjaan baik yang ringan lebih-lebih pekerjaan yang berat. islam sendiri sangat menekankan betapa pentingnya semangat gotong royong atau tolong menolong seperti yang dijelaskan dalam firmannya: "Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran, dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya."

Dalam hal saling tolong-menolong dan gotong royong dalam konteks yang ma'ruf sesuai ayat sebelumnya. Nabi shalallahhu 'alaihi wa salam juga menjabarkan pentingnya gotong-royong untuk membangun kekuatan kaum muslimin dan menegakkan kemuliaan agam islam pada suatu daerah. sebab islam merupakan ajaran yang penuh dengan kebaikan. senantiasa mengajarkan berfikir positif dan berusaha untuk berlaku baik terhadap sesama manusia lainnya. sehingga tepatlah wasiat Nabi Shalallahu "alihi wa salam: "Barang siapa yang membebaskan satu kesusahan sorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melepaskan dari satu kesusahan diantara kesusahan-kesusahan akhirat. Barang siapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, maka Allah akan memudahkan dia di dunia dan akhirat, barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan selalu menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudarnya." (HR. Muslim).

Tentunya gotong royong sangat bermanfaat dan urgensinya dalam membangun bangsa. Islam juga telah mengajarkan hal demikian bahwasanya tidaklah ada perubahan bila tidak ada yang melakukan. Mengerjakan bukan sekedar mengatakan, karena negeri ini membutuhkan orang yang mau bekerja, bukan orang yang pandai berkata namun pekerjaannya penuh cela. Benarlah apa yang Allah firmankan:
"Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakngnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. sesungguhnya Allah tidak akan merubah kedaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri, dan apabila allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain dia."(QS. Ar-Ra'd :11)

No comments:

Post a Comment