Friday 9 September 2016

IMTAQ

suasana saat imtaq
Imtaq merupakan salah satu program SMPN 1 Suela yang berkaitan dengan KI 1 pada kurikulum 2013, dimana pada KI 1 tertuang tentang hubungan manusia dengan allah SWT. Imtaq dilaksanakan seminggu sekali setiap hari jum'at dari pukul 07.00-08.10 wita. Adapun kegiatan yang dilakukan saat imtaq antara lain.
1. Membaca alqur'an
    Dalam membaca Al-qur'an peserta didik membaca secara bersama-sama di pimpin oleh salah satu siswa yang merupakan perwakilan dari salah satu kelas. Dengan membaca Al-qur'an tentuya kami sebagai guru berharap agar peserta didik
satu siswa memimpin baca alqur'an
membiasakan diri untuk selalu dekat dengan Al-Qur'an karena salah satu keutamaan membaca Al-Qur'an seperti yang di jelaskan oleh Nabi Muhammad salallahualaihi wassalam:"Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. At-Tirmidzi). Sabda Nabi salallahualaihi wassalam yang lain :"Bacalah Al-Qur'an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at kepada para ahlinya." (HR. Muslim)
  2.  Shalat Dhuha
       Dengan shalat dhuha peserta didik diharapkan lebih taat kepada allah SWT dan memperoleh ampunan-Nya sesuai dengan dalil di bawah ini. Nabi Muhammad salallahualaihi wassalam bersabda: “Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah shalat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah; hasan). hadist yang lain: Barangsiapa yang melakukan shalat dhuha maka akan di mapuni dosa-dosanya,
sekalipun dosanya itu seperti buih di lautan. Sesuai dengan sebuah hadits Rasulullah yang di riwayatkan oleh Tirmidzi. Yaitu, ” Siapapun yang melaksanakan shalat dhuha dengan langgeng, maka akan di ampuni dosa-dosanya oleh Allah. Sekalipun itu seperti buih di lautan.” [HR-Tirmidzi].
Kultum
3.  Kultum
     Selanjutnya selesai melaksanakan sholat dhuha, salah satu guru menyampaikan kultum kepada peserta didik dengan tujuan agar siswa terbiasa saling nasehat-menasehati dalam kebaikan. "Demi masa. Sesungguhnya seluruh manusia benar-benar berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih dan saling berwasiat tentang kebenaran dan saling berwasiat tentang kesabaran." (QS. Al.-Ashr: 1-3).
Demikian kegiatan IMTAQ setiap hari jum,'at di SMPN 1 Suela. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment