Friday 27 March 2020

BEKAL SANG PENUNTUT ILMU 1



Tidak mudah membentuk akhlak yang mulia di zaman sekarang ini, meski berbagai macam metode pembelajaran yang di terapkan, pergantian kurikulumpun sudah tak asing lagi terdengar. Tentu imbas dari penerapan kurikulum terbaru ini adalah guru, dimana guru sebagai ujung tombak keberhasilan dunia pendidikan di negara kita tercinta ini.

Dalam hal mendidik tentu jauh lebih sulit dari pada mengajar dimana makna mendidik itu sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai membentuk akhlak yang mulia, sedangkan mengajar dapat diartikan sebagai mentransfer ilmu dari guru ke siswa, namun keberkahan ilmu sudah mulai tak tampak lagi dalam lingkungan kita, hal ini tentu ada sesuatu yang hilang dari dunia pendidikan kita. menuntut Ilmu tidak hanya terfokus pada sekolah formal saja atau hanya terbatas dengan usia anak-anak sekolah tapi menuntut ilmu tentu kewajiban kita semua hingga akhir hayat.

Dalam postingan kali ini penulis mencoba mengankat satu tema yakni tentang ADAB-ADAB MENUNTUT ILMU. Sebelum kita menuntut ilmu alangkah baiknya kita mempelajari adab-adabnya agar kita memperoleh keberkahannya. Tentu apa yang penulis sampaikan tidak sepenuhnya sempurna tapi tidak ada salahnya kita berbagi.

1.   Adab Yang Pertama Ikhlas Karena Allah

Menuntut ilmu merupakan perkara ibadah, sehingga selayaknya ibadah tersebut kita sandarkan hanya kepada allah subhanahu wata'ala

Padahal mereka tidak disuruh kecuali agar beribadah hanya kepada Allah dengan memurnikan ketaatan hanya kepadaNya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan memurnikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al-Bayyinah:5)


2.   Rajin berdoa

sebagai seoarang insan yang lemah, dalam mencapai sebuah cita-cita atau keinginan tentu kita membutuhkan pertolongan dan hal yang paling haq untuk kita mintai pertolongan adalah yakni Allah sang maha penolong. Adapun cara kita meminta pertolongan kepada Allah adalah dengan berdo'a dan alangkah indahnya doa yang kita gunakan adalah do'a yang di ajarkan oleh rasulullah salallahu alihi wasallam.

adapun doa yang diajarkan oleh nabi kita muhammad salallahualaihiwasallam adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

''Ýa Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalam yang diterima." 


3. Bersungguh-sungguh dalam belajar

Adab yang ketiga yaitu bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu (belajar). Susatu yang kita inginkan agar tercapai tentu membutuhkan sebuah kesungguhan, misalnya kita akan membuat sebuah meja kayu dalam proses pembuatan kayu kita bersungguh sungguh dengan penuh ketelitian baik dari memilih bahan, memproses sampai menghasilkan sebuah meja yang berkualitas bagus. kalau kita hanya bekerja tanpa keseriusan tentu hasilnya juga tidak maksimal, shingga keseriusan dalam menuntut ilmu sangat dibuthukan guna memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk agam, bangsa dan diri kita sendiri.

Sekian dulu pemaparan materi tentang BEKAL SANG PENUNTUT ILMU BAGIAN KE 1 ini, semoga apa yang penulis sampaikan bisa bermanfaat untu kita semua.

Terimakasih.

No comments:

Post a Comment